Kamis, 17 Mei 2012

Melalui suara, kuda jago kenali 'sahabat' manusianya


HOWABOUTNEWS.BLOGSPOT.COM-Kuda mampu mengenali suara orang yang ia kenal atau orang asing. Para ilmuwan di Universitas Sussex mengungkapkan bahwa hewan juga mengenali anggota kawanan mereka dengan cara ini. Kemampuan ini dikenal sebagai cross modal atau modal lintas, seperti yang dilansir di Telegraph.co.uk.

Ketika manusia mendengar suara yang akrab, mereka membentuk gambaran mental yang berbicara dengan cara mencocokkan isyarat visual dan pendengaran. Persepsi ini melibatkan interaksi antara dua atau lebih indera yang berbeda. Itu diyakini sebagai sifat alami manusia.

Pada percobaan pertama yang melibatkan 32 kuda, subyek melihat lebih cepat, lebih lama, dan lebih sering saat mereka mendengar suara pemilik mereka melalui pengeras suara. Ini jika dibandingkan saat mereka mendengar suara asing.

Psikolog hewan, Dr. Leanne Proops berkata: "Subjek mampu mencocokkan suara orang yang akrab di telinga mereka, tetapi tidak untuk suara orang asing."

Dalam percobaan kedua yang melibatkan 40 kuda, subyek terbukti mampu mencocokkan suara yang spesifik dari manusia yang akrab. Itu menunjukkan bahwa kuda menggunakan strategi mengenali secara alami untuk mengidentifikasi individu yang dekat dengan mereka setiap hari.

Asisten peneliti, Dr. Karen McComb, mengatakan: "Kuda adalah hewan yang banyak interaksi dengan manusia seperti anjing. Keterampilan kuda untuk membedakan orang mungkin telah berevolusi untuk membantu mereka mengetahui secara pasti persis siapa yang bisa mereka percaya."

Hasil penelitian ini juga menunjukkan sisi kiri otak lebih menonjol dalam keterampilan ini, karena kuda-kuda itu jauh lebih baik dalam melakukan tugas ketika pemiliknya berdiri di sebelah kanan mereka.

[merdeka.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar