Kamis, 17 Mei 2012

10 Tips Facebook Yang Wajib Anda Ketahui


HOWABOUTNEWS.BLOGSPOT.COM-Jejaring semiliar umat Facebook semakin menggurita terkait dengan pengguna. Soal fitur pun, Facebook tak kalah canggih dan interaktif dengan jejaring sosial lainnya. Berikut SidomiNews akan memberikan 10 tips Facebook yang wajib Anda ketahui yang dikuti dari Mashable.

Foto full screen

Facebook telah menambahkan fitur foto yang dapat dinikmati dengan full screen. Dengan demikian Anda bisa melihat foto yang diunggah di Facebook lebih lebar dan luas. Tatkala melihat foto di Facebook, di sisi sudut kanan atas klik tanda panah atau tulisan ‘Masuk ke Layar Penuh’.

Sembunyikan yang Anda baca

Fitur social reading memungkinkan membagi segala konten yang Anda baca di internet. Jika tak ingin men-share-nya ke timeline, masuk ke menu akun setting dan tuju ke tab Apps. Kemudian pilih ‘Only Me’ untuk mencegah Facebook membagikan apa saja yang Anda baca ke timeline.

Buat list sesuai dengan minat

Sama seperti halnya dengan Twitter, Facebook juga memiliki sebuah list atau daftar. Dengan list segala updates status, tautan, gambar, video, catatan, agenda, dll akan terkumpul dalam satu ruang. Buatlah list sesuai dengan minat Anda. Bisa list teman, list hobi atau kesukaan, dan list selebritis atau page.

Tambahkan lokasi di foto

Sebuah foto yang diunggah di Facebook selain bisa ditambahkan keterangan dan tag pengguna Facebook lainnya, juga bisa disematkan lokasi. Ini memang fitur baru namun di foto-foto lama yang telah diunggah, bisa ditambahkan lokasi atau map.

Reposisi foto di timeline

Tahukan Anda jika sebuah foto di timeline bisi diubah posisinya agar memiliki tata letak yang sesuai? Caranya mudah. Klik logo pencil kemudian pilih Reposition Photo. Klik dan drag foto tersebut di posisi yang Anda sukai (kiri, kanan, atas, bawah, dan tengah).

‘Sembunyikan’ orang tertentu di Facebook Chat


Facebook chat memang memiliki fitur offline. Namun Anda juga bisa offline pada pengguna tertentu. Seperti fitur invisible Yahoo! Messenger. Pada jendela chat tatkala ngobrol online dengan salah satu pengguna, klik setting dan pilih ‘Go Offline to (nama pengguna)’.

Persetujuan tag

Fitur tag memiliki banyak manfaat. Namun tak jarang banyak pengguna Facebook yang suka nge-tag sembarangan. Khususnya bagi mereka yang bergelut di bisnis jual beli online di Facebook. Atur persetujuan perihal tagging di ‘Privacy Setting’ dan ‘Timeline Tagging’.

Sembunyikan updates status yang tak disukai

Terkadang timeline Facebook yang terlalu deras akan menenggelamkan updates status teman-teman dekat Anda. Updates status yang tidak disukai bisa dihilangkan dengan menyembunyikannya. Di wall klik ‘News Feed’ kemudian ‘Edit Setting’. Dan sila atur orang, brand, page, atau aplikasi yang ingin disembunyikan updates status-nya.

Buat grup rahasia

Suka ngegosip dengan teman atau sahabat? Aktivitas ini juga bisa dilakukan di Facebook. Namun bukan di wall, tetapi di sebuah grup rahasia. Buatlah sebuah grup rahasia atau secreat group yang hanya Anda dan teman-teman terpilih yang bisa mengaksesnya.

Unggah foto dengan kualitas terbaik

Satu lagi fitur foto Facebook selain full screen yakni soal pengungghan. Dengan fitur ini Anda bisa meng-upload foto dengan kualitas terbaik atau high resolution. Centang pilihan ‘High Quality’ sesaat sebelum mengunggah foto di Facebook.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar