Rabu, 16 Mei 2012

Honda Membuat Teknologi yang buat manusia semakin malas berjalan


HOWABOUTNEWS.BLOGSPOT.COM-Setelah meluncurkan Asimo, si robot pintar berbentuk manusia beberapa tahun lalu, kini Honda Motor Co. Ltd. kembali mengumumkan bahwa mereka telah merancang satu produk yang berfungsi sebagai pembantu orang-orang yang malas berjalan.

Seperti yang diberitakan oleh Engadget.com, Honda sedang merancang satu perangkat robot yang membantu orang untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Produk ini dinamakan Honda UNI-CUB. Apabila Asimo mempunyai fungsi untuk membantu aktifitas manusia, UNI-CUB ini berfungsi sebagai kendaraan saja.

Kendaraan ini dilengkapi dengan roda yang dapat berputar ke segala arah. Teknologi tersebut mengadopsi teknologi Honda Omni Traction Drive System yang diperkenalkan pada tahun 2009 silam. Pengguna kendaraan ini dapat mengatur kecepatan (maks. 6 km/jam), arah, dan dapat dijalankan secara otomatis.

Menurut pengembangnya, UNI-CUB ini bukanlah kendaraan segala medan. Perangkat dari Honda ini hanya dapat berjalan di daerah yang mendatar dan hanya mampu berjalan sejauh enam kilometer saja. Rencananya, UNI-CUB akan didaftarkan sebagai salah satu kontestan di Japan's National Museum of Emerging Science and Innovation yang akan dihelat pada bulan Juni mendatang.

Seperti yang diulas oleh Businesswire.com, UNI-CUB ini dapat digerakkan maju, mundur, kanan, kiri, diagonal, dan dapat bergerak secara maneuver di antara orang-orang atau obyek lain di sekelilingnya.

Honda UNI-CUB memiliki dimensi 520 x 345 x 745 mm dengan ukuran kursi sepanjang 745 - 825 mm. Untuk mencapai jarak maksimal sejauh 6 kilometer dengan kecepatan maksimal 6 km/jam, kendaraan ini membutuhkan baterai Lithium Ion untuk mendukung energinya.

UNI-CUB telah dilengkapi dengan sensor yang dapat membantu pengemudinya untuk bergerak secara bebas dan juga telah dilengkapi fitur lain yang berfungsi untuk mengalkulasikan arah dan kecepatan yang harus digunakan ketika sedang berjalan. Terdapat juga panel pengendali yang menggunakan teknologi TouchScreen yang juga dapat dikendalikan dengan menggunakan smartphone.

Walaupun sangat futuristik dan canggih, namun Cnet.com mengatakan bahwa perangkat yang mirip dengan Segway tersebut, apabila benar-benar muncul dan dipasarkan maka dunia manusia malas akan tercipta. Tentu saja akan malas, karena semua hal mulai dari aktifitas sehari-hari sampai berjalan saja harus menyuruh robot atau perangkat lainnya.

[merdeka.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar