Sabtu, 19 Mei 2012

Lebih Panjang Umur Dengan Enyam Pendidikan


HOWABOUTNEWS.BLOGSPOT.COM-Jangan terlalu berpikir sempit bahwa mengenyam pendidikan itu hanya untuk mencari pekerjaan. Lebih dari itu, orang yang lebih lama dalam menjalani proses pendidikan, memiliki umur yang lebih panjang. Demikian menurut penelitian bersama dari Centre of Health Equity Studies dan Swedish Institute for Social Research.

Peneliti menemukan, orang yang minimal menjalani masa pendidikan selama 9 tahun memiliki risiko kematian lebih rendah dari orang yang hanya 8 tahun menempuh pendidikan. Peneliti mengamati hal ini dari 1,2 juta warga Swedia yang dijadikan responden.

Bisa jadi, penyebab mereka yang punya pendidikan lebih lama dapat membentuk karakter personal yang lebih baik. Mereka bisa memandang ke depan dengan lebih positif. Termasuk pula, orang yang berpendidikan lebih, bisa mengatur hidupnya dengan gaya hidup yang sehat.

” Jika Anda memiliki pendapatan lebih, memiliki pekerjaan dengan fleksibilitas yang lebih banyak, lebih bisa mengontrol waktu, maka mungkin Anda lebih sedikit mengkonsumsi tembakau dan alkohol,” kata Anton Lager dari Centre of Health Equity Studies.

Sementara itu, menurut Mark Cullen, guru besar kedokteran Stanford University, ada pengaruh dalam jangka panjang antara orang yang mengenyam pendidikan lebih lama dengan usaha untuk mempertahankan umur. Misalnya, mereka lebih mampu memahami informasi kesehatan, mengelola hidup dengan lebih baik, dan berpikir efektif.

sidomi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar