Kamis, 10 Mei 2012

Wah, Tahukah Anda?Mammoth Mini Pernah Hidup Di Dunia


HOWABOUTNEWS.BLOGSPOT.COM-Baru-baru ini para ilmuwan berhasil menemukan fosil gigi dan tulang kaki dari Mammuthus creticus. Peneliti mengatakan bahwa ini fosil mammoth terkecil di dunia. Fosil purba ini hanya memiliki tinggi sekitar 3 kaki dengan berat hanya sekitar 310 kg. Ukuran mammoth terkecil ini hampir sama dengan ukuran gajah Afrika atau Asia modern, seperti yang dilansir di Live Science.

"Kami pikir ukuran kerdil lebih disesuaikan dengan lingkungan yang lebih hangat seperti habitat hidup dari gajah Afrika atau Asia modern," kata salah satu ilmuwan.

Fosil-fosil tersebut menunjukkan bahwa kurcaci raksasa ini adalah keturunan dari salah satu spesies raksasa pertama yang tiba di Eropa dari Afrika, Mammuthus rumanus atau Mammuthus meridionalis. Para ilmuwan berkesimpulan bahwa mammoth kerdil ini mungkin telah berevolusi jauh lebih awal daripada yang diperkirakan sebelumnya yakni sekitar 3,5 juta tahun yang lalu.

"Sekarang kita tahu bahwa spesies kerdil ini kemungkinan adalah keturunan mammoth, kita dapat mengajukan pertanyaan lebih besar, seperti bagaimana dan mengapa bentuknya kerdil," kata Victoria Herridge, seorang ahli paleontologi vertebrata di Natural History Museum di London.

Fosil mammoth ini masih belum sempurna sehingga tidak banyak informasi yang diketahui tentang bagaimana mereka hidup. Namun, fosil giginya menunjukkan bahwa kemungkinan mereka hidup di semak-semak. Fosil-fosil ini ditemukan dalam penggalian spesimen di Kreta, pulau terbesar di Yunani dan merupakan terbesar kelima di Laut Tengah. Penemuan yang menakjubkan!

[merdeka.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar