Jumat, 11 Mei 2012

Semua kecelakaan pesawat disebabkan human error?


HOWABOUTNEWS.BLOGSPOT.COM-Dunia penerbangan kembali berduka dengan jatuhnya Sukhoi SuperJet 100 di daerah Gunung Salak. Puluhan orang kehilangan nyawa dari tragedi tersebut. Pertanyaan yang sering muncul setelah terjadinya kecelakaan pesawat terbang adalah kecelakaan tersebut disebabkan oleh human errors atau machine errors atau juga hal lainnya?

Menurut sebuah analisa yang dimuat dalam Askcaptainlim.com mengatakan bahwa kecelakaan pesawat terbang disebabkan oleh berbagai macam faktor. Selama ini masalah mekanik atau mesin memang sering menjadi hal yang minor dan kurang dipublikasikan. Hal tersebut berbanding terbalik dengan faktor human errors.

Faktor dari manusia ini lebih sering dipublikasikan dan hampir 70 persen dikatakan sebagai faktor utama terjadinya kecelakaan pesawat. 20 persen disebabkan masalah mesin, dan 10 persen sisanya disebabkan oleh hal-hal lain, seperti cuaca atau lainnya.

Memang, terjadinya kecelakaan sebuah pesawat terbang amat sangat sulit diprediksi. Pesawat dalam keadaan sempurna ditambah dengan pilot dengan jam terbang tinggi masih bisa mengalami kecelakaan akibat hal lain seperti cuaca atau sabotase. Menurut En.Wikipedia.org, kecelakaan pesawat terbang pertama terjadi pada tahun tanggal 17 September 1908. Kecelakaan tersebut terjadi di Fort Myer, Virginia, Amerika Serikat.

Sebuah data statistik lama yang mengambil sample kecelakaan mulai dari tahun 1950-an sampai 1990-an menyebutkan bahwa 49 persen kecelakaan pesawat diakibatkan oleh human errors. Masalah mesin menempati urutan di bawahnya dengan total perolehan 21 persen, kemudian diikuti oleh masalah cuaca sebesar 14 persen.

Data statistik yang termuat dalam Airlinesafety.com tersebut menyatakan, human error yang terjadi juga dikategorikan banyak hal mulai dari salah persepsi ketika kabut atau benda lain yang menutupi pandangan, jam terbang dan teknik pilot, serta hal lainnya.

Apabila jatuhnya Sukhoi SuperJet 100 tersebut dikarenakan oleh human errors? Kira-kira human errors seperti apa? Apabila dikarenakan faktor masalah mesin, machine errors seperti apa? Untuk lebih jelasnya, lebih baik menunggu ditemukannya black box dari pesawat tersebut.

[merdeka.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar