Senin, 07 Mei 2012

Sebuah senyuman mampu bantu Anda mendapatkan pekerjaan


HOWABOUTNEWS.BLOGSPOT.COM-Meskipun merasa kecewa ketika beberapa kali gagal dalam melamar pekerjaan, namun penelitian terbaru menyebutkan bahwa sebaiknya seseorang tetap bersemangat dalam urusan mencari kerja. Para peneliti membuktikan menjaga emosi dan suasana hati yang positif berpengaruh terhadap proses melamar sebuah pekerjaan, salah satunya adalah berusaha untuk selalu tersenyum.

Studi yang melibatkan 177 calon pegawai yang sedang melamar pekerjaan ini meneliti tentang manajemen diri, proses pencarian kerja, dan kesehatan mental mereka. Pada awalnya, koresponden menghabiskan waktu 17 jam setiap minggu untuk mencari pekerjaan dan hal tersebut menyebabkan peningkatan kesehatan mental. Namun empat bulan kemudian waktu mencari pekerjaan menurun menjadi 14 jam setiap minggu dan kesehatan mental pun ikut menurun.

Hal yang menyebabkan penurunan tersebut adalah sulitnya menjaga semangat ketika telah gagal berkali-kali.

"Mencari pekerjaan bukan seperti belajar sesuatu, karena menjaga suasana hati yang positif berpengaruh terhadap usaha yang dilakukan," tutur kepala penelitian Ruth Kanfer dari Georgia Tech, seperti yang dikutip dari Business News Daily (05/05).

Studi yang telah dilaporkan dalam Academy of Management Journal ini pun menyarankan agar seseorang yang mencari pekerjaan sebaiknya selalu tetap bersemangat meskipun telah gagal berkali-kali, salah satunya adalah menjaga senyum di wajah ketika melamar kerja.

[merdeka.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar