Rabu, 09 Mei 2012

6 Tanda Anda ketagihan Facebook



HOWABOUTNEWS.BLOGSPOT.COM-Apabila teman atau keluarga Anda sering bergurau mengenai Anda yang ketagihan Facebook, bisa saja hal itu memang benar. Sebab para peneliti di Norwegia telah menyebutkan ada enam tanda khusus bahwa seseorang ketagihan Facebook. Sebuah tes yang bernama Bergen Facebook Addiction Scale digunakan sebagai kriteria bahwa seseorang benar-benar tak bisa lepas dari jejaring sosial ciptaan Mark Zuckerberg ini. Simak keenam tandanya seperti yang dilansir dari Live Science (09/05) berikut ini.

1.Anda menghabiskan banyak waktu memikirkan Facebook atau merencanakan hal-hal yang akan Anda lakukan dengan Facebook.
2.Anda merasa terdesak untuk selalu dan selalu mengakses Facebook.
3.Anda menggunakan Facebook untuk mengatasi masalah pribadi.
4.Anda berkali-kali gagal ketika mencoba untuk menjauhkan diri dari Facebook.
5.Anda merasa cemas dan khawatir jika Anda dilarang mengakses Facebook.
6.Anda mengakses Facebook terlalu sering dan mengganggu sekolah atau pekerjaan Anda.

Jika Anda mengalami tanda-tanda di atas, maka Anda positif ketagihan Facebook. Namun para peneliti menuturkan bahwa Anda tidak sendirian.

Studi yang telah dilaporkan dalam jurnal Psychological Reports ini melibatkan 432 pelajar yang terdiri dari 227 wanita dan 196 pria. Secara spesifik, para wanita lebih banyak ketagihan Facebook daripada pria. Selain itu, para peneliti juga menemukan fakta bahwa anak muda lebih rentan ketagihan Facebook dibandingkan dengan orang dewasa.

Sementara itu, dari hasil penelitian para ahli pun menyimpulkan orang-orang yang terorganisir dan ambisius justru kebal terhadap ketagihan Facebook. Orang-orang seperti itu tidak mudah cemas atau merasa jiwa sosialnya terancam karena mereka menggunakan sosial media hanya sebagai media yang mempermudah pekerjaan dan hubungan sosial mereka.

[merdeka.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar