Rabu, 09 Mei 2012

Nomophobia, phobia jauh atau kehilangan handset



HOWABOUTNEWS.BLOGSPOT.COM-Ponsel, smartphone, dan tablet, nampaknya pada saat ini bukan menjadi satu barang mewah, namun lebih kepada suatu kebutuhan sehari-hari. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa, rata-rata sudah mengenal bahkan sudah menggunakan handset dalam beraktifitas.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Securenvoy.com, sekarang ini muncul satu fenomena baru dimana terdapat sekelompok orang yang sangat takut berpisah dengan perangkat handsetnya. Hal tersebut dinamakan Nomophobia atau No Mobile phone Phobia.

Seperti yang dikutip oleh Nbcmiami.com dari pernyataan Dr. Mitch Spero, seorang Psikolog dari Broward County, "Ponsel adalah salah satu barang yang selalu digunakan dalam beraktifitas sehari-hari. Perangkat tersebut juga sangat membantu untuk melakukan komunikasi secara cepat dan mudah. Maka apabila seseorang telah sangat tergantung dengan perangkat komunikasi tersebut, maka akan melahirkan suatu phobia khusus."

Penelitian tersebut mengungkapkan, Nomophobia lebih sering diderita oleh orang-orang yang berusia muda. Dari orang-orang tersebut, kaum wanita adalah pengidap Nophobia terbesar daripada pria. Apabila Anda ingin mengetahui apakah Anda termasuk orang-orang pengidap Nomophobia atau tidak, maka Anda dapat mencoba untuk tidak menggunakan perangkat komunikasi selama seminggu. Setelah itu, buatlah analisa, apakah Anda tahan tanpa perangkat komunikasi atau tidak.

[merdeka.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar