Kamis, 10 Mei 2012

Wow,Ternyata Ada Orangutan Yang Menggunakan iPad untuk berkomunikasi dengan manusia




HOWABOUTNEWS.BLOGSPOT.COM-Dua ekor Orangutan yang dipelihara di Jungle Island, Miami, Amerika Serikat, ternyata sangat menyukai salah satu produk Apple yaitu iPad. Orangutan kembar ini memang sengaja dihadiahi dua perangkat iPad dari pemilik Jungle island ini.

Seperti yang diberitakan Time.com, dua ekor Orangutan yang masih berusia delapan tahun ini menggunakan perangkat tablet dari Apple tersebut untuk bermain game dan menggambar. Tidak hanya itu saja, ternyata dua ekor Orangutan kembar ini juga mencoba berkomunikasi dengan manusia menggunakan perangkat tersebut.

Ternyata, Jungle Island, tidak hanya berfungsi sebagai cagar budaya saja, namun tempat tersebut juga berfungsi sebagai tempat penelitian. Linda Jacob, Pimpinan penelitian tersebut telah memberikan iPad kepada empat Orangutan lain untuk diteliti, bagaimana mereka dapat mempergunakan perangkat tersebut lebih lanjut.

Linda menggunakan metode ini karena terinspirasi oleh penelitian ilmuwan lain yang juga menggunakan iPad untuk berkomunikasi dengan lumba-lumba beberapa waktu lalu.

Pada awalnya, dua Orangutan tersebut masih takut terhadap iPad. Kemungkinan mereka mengira perangkat dari Apple tersebut adalah suatu barang asing yang tidak pernah mereka temui sebelumnya. Namun setelah beberapa saat, salah satu dari Orangutan tersebut mendekati tempat diletakkannya iPad dan mulai mengoperasikannya dengan sembarangan.

Sedangkan Orangutan satu lagi, hanya melihat dari kejauhan tanpa menunjukkan rasa ketertarikan. Menurut seorang Ilmuwan Birute Mary Galdikas dari Orangutan Foundation International, "Orangutan adalah salah satu hewan terpintar. Orangutan memiliki tingkat berpikir lebih tinggi dari hewan lainnya."

"iPad diciptakan dengan teknologi sensor gesture yang dapat mengoperasikan setiap menu dan aplikasinya secara langsung dengan cara menekan atau menggesernya langsung melalui layarnya. Apabila manusia dapat mengoperasikannya dengan cara tersebut, maka hal itu juga dapat dilakukan oleh Orangutan,"lanjutnya.

Wow, suatu penelitian yang luar biasa, apakah penelitian dengan menggunakan iPad ini juga akan menghasilkan suatu hasil yang sama apabila diterapkan pada hewan lain, simpanse atau koruptor misalnya. Koruptor termasuk hewan bukan sih?

[merdeka.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar