Kamis, 03 Mei 2012

Lukisan Nyi Roro Kidul termahal Rp 45 juta


HOWABOUTNEWS.BLOGSPOT.COM-Sebanyak 99 lukisan sosok legenda Nyi Roro Kidul dipamerkan di Hotel Grand Sahid Jaya, Kamis (3/5). Dari 99 lukisan yang menggambarkan 99 karakter Ratu Pantai Selatan itu, ada satu yang termahal.

F Suardy, sang pelukis, mengatakan lukisan termahal seharga Rp 45 juta. Lukisan itu menggambarkan sosok Nyi Roro Kidul sedang memegang tongkat.

"Harganya tergantung ukuran dan juga tergantung dari nilai pokok kesulitan pengerjaannya," kata Suardy di sela-sela acara pembukaan pameran.

Meski demikian, menurut Suardy, ada satu lukisan yang menggambarkan keagungan Nyi Roro Kidul, meski bukan menjadi yang termahal.

"Yang paling menonjol yaitu karakter kekuasaan yang ditunjukan dengan duduk di singgasana," kata Suardy yang mengenakan pakaian hitam-hitam itu.

Lukisan dengan 99 karakter yang berbeda itu akan dilelang selama pameran yang akan berlangsung sampai 6 Mei mendatang.

"Lukisan ini oleh pelukisnya memang sengaja dihadirkan untuk memunculkan suasana pada masa-masa kerajaan dahulu," kata Penanggung Jawab Pameran serta penasihat spiritual, Kanjeng Jadmiko Radu Kusumo Ningrat.

Saat pembukaan pameran, dua dari 99 lukisan itu dibawa ke podium. Dua lukisan masing-masing menggambarkan sosok Nyi Roro Kidul sedang keluar dari pusaran air dengan seekor naga; dan duduk di sebuah singgasana. Dalam dua lukisan itu, Nyi Roro Kidul mengenakan pakaian hijau.

[merdeka.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar