Jumat, 04 Mei 2012

Keith Haring menari di Google Doodle hari ini


HOWABOUTNEWS.BLOGSPOT.COM-Setelah Akira Yoshizawa, kemudian Eadweard J. Muybridge, Robert Doisneau, dan Gideon Sunback, kini Google Doodle bertemakan gambar menari jungkir balik karya Keith Haring.

Menurut En.Wikipedia.org, Keith Haring adalah seorang artis sekaligus social activist yang menyuarakan masalah sosial yang kerap terjadi di jalanan New York, Amerika Serikat. Tokoh yang lahir pada tanggal 4 Mei 1958 dan meninggal pada tanggal 16 Februari 1990 ini, menjadi terkenal karena lukisannya di dinding-dinding subways kota New York.

Lukisan atau gambar dengan tema menari karya Haring tersebut pernah dipublikasikan oleh seorang fotografer terkenal bernama Tsaeng Kwong Chi. Tidak hanya dipamerkan di Amerika Serikat dan Cina, salah satu gambarnya yang diberi judul The Radiant Baby menjadi satu simbol untuk dirinya sendiri. Pada tahun 1984, Haring juga pernah membuat mural di dinding kota Sydney dan Melbourne, Australia. Dari mural tersebut, Haring mendapatkan 'uang lelah' sebesar AUD 1000.

Selain sibuk menggambar dan melukis, Haring juga mendirikan satu badan sosial yang diberi nama Keith Haring Foundation pada tahun 1989. Badan sosial bentukkannya tersebut fokus untuk membantu penderita AIDS dan masalah anak. Ternyata, menurut Gadgets.Ndtv.com, ide pembuatan badan sosial tersebut dikarenakan setahun sebelumnya (1988), Haring dinyatakan positif mengidap HIV/AIDS.

Menurut Ibnlive.In.com, Dia berjuang melawan penyakit tersebut selama beberapa tahun dan akhirnya harus menyerah dan meninggal di usia 31 tahun. Karena usaha dan kreatifitasnya di bidang seni dan sosial, Google akhirnya memilih karya cipta Haring sebagai hiasan di Google Doodle hari ini. Selamat 'mimpi indah' Keith Haring, lukisanmu memang benar-benar funtastic!
[merdeka.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar