Sabtu, 05 Mei 2012

Semut zombie, melawan jamur dengan jamur


HOWABOUTNEWS.BLOGSPOT.COM- Fenomena semut zombie memang suatu peristiwa alam yang menarik untuk disimak. Semut zombie sebenarnya disebabkan karena jamur parasit Cordyceps yang menyerang koloni semut dan mengubahnya menjadi seperti zombie. Jamur tersebut tumbuh di kepala semut dan menyerupai antena yang kemudian melepaskan spora jamur ke udara untuk disebarkan pada semut yang lain.

Perilaku semut yang terserang jamur Cordyceps pun berubah, misalnya seperti menggantungkan diri di daun dengan menggigit bagian bawah dedaunan belukar sampai spora di antenanya terlepas. Uniknya, penelitian terbaru yang dilakukan oleh David Hughes dari Penn State University menemukan fakta baru bahwa semut zombie tersebut tetap bisa bertahan hidup namun tetap terancam bahaya oleh jenis jamur yang lain.

Studi yang telah dilaporkan dalam jurnal PLoS ONE ini menyebutkan jamur lain tengah menyerang proses pertumbuhan spora pada semut zombie agar penyerbukan gagal dan tidak menghasilkan bibit-bibit jamur parasit Cordyceps yang baru. Para semut zombie ini pun seolah melawan serangan jamur dengan jamur yang ada di tubuhnya sendiri.

Setelah diteliti lebih jauh, jenis jamur yang menyerang semut zombie tersebut adalah jamur parasit yang sama, Cordyceps. Jamur Cordyceps yang menyerang para semut dan mengubahnya menjadi zombie sudah dianggap sebagai fenomena biologi yang unik. Namun fakta bahwa jamur yang sama menyerang spesies mereka yang sama pada koloni semut zombie merupakan suatu keadaan yang hampir mustahil. Keanekaragaman hayati memang sesuatu yang menakjubkan ya!

[merdeka.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar