Minggu, 29 April 2012

Apa itu Blue Moon?

HOWABOUTNEWS.BLOGSPOT.COM-Sebuah bulan biru adalah bulan purnama yang terjadi sebagai bulan purnama kedua pada bulan tertentu. Bulan biru biasanya tidak berwarna biru - yang terjadi hanya, juga, sekali dalam bulan biru, tapi ada kemungkinan untuk sedikit biru di setiap bulan purnama (lebih lanjut di bawah). Definisi bulan biru sebagai istilah yang digunakan saat ini dimulai ketika penulis melakukan kesalahan.


Sebuah "bulan biru" tidak benar-benar biru, karena ini render artis menyarankan. Bulan bisa muncul agak biru jika sudah ada letusan gunung berapi besar yang menempatkan ton partikel di udara, tapi sebaliknya bulan biru lihat bulan purnama beberapa dalam bingkai waktu tertentu.
KREDIT: Dreamstime
Melihat ukuran besar
Ungkapan "biru bulan" adalah "makhluk dari cerita rakyat," jelas Philip Hiscock , sebuah cerita rakyat di Universitas Memorial Newfoundland. "Ini bulan purnama kedua dalam satu bulan kalender."

Hiscock membantu mencari tahu di mana istilah itu berasal. Dulu, " biru bulan "digunakan untuk menggambarkan hal-hal tidak masuk akal. Pada tahun 1946, James Hugh Pruett (1886-1955), astronom amatir, menulis dalam majalah Sky & Telescope. Pruett "membuat asumsi yang salah tentang bagaimana istilah itu telah digunakan dalam Almanak Petani Maine '- yang secara konsisten digunakan" bulan biru "berarti untuk bulan purnama ketiga dalam musim yang berisi empat dari mereka (bukan tiga biasa), "Sky & Telescope editor kemudian menjelaskan. Kesalahan telah diulang dalam sebuah program radio sindikasi pada tahun 1980.

Hiscock dan Texas astronom Donald Olson W. membantu jenis majalah semua hal ini dan mengakui kesalahan kembali pada tahun 1999. Kesalahan menyebabkan definisi yang diterima secara luas bulan biru hari ini: bulan purnama kedua pada bulan tertentu.

Sebuah bulan biru terjadi kira-kira sekali setiap 2,7 tahun.

Tapi bisa bulan benar-benar menjadi biru? Ya, para ilmuwan mengatakan. Jika sudah ada kebakaran hutan baru atau letusan gunung berapi yang dipompa asap signifikan atau abu ke atmosfer atas, adalah mungkin untuk bulan untuk mengambil rona kebiruan. Hanya peristiwa seperti itu membuat bulan menjadi biru pada akhir September 1950, ketika asap dari kebakaran hutan di Kanada melayang turun menyebabkan bulan biru lebih timur Amerika Utara. Letusan Gunung Pinatubo pada bulan Juni 1991 dibuat bulan biru dari berbagai perspektif di planet ini.

Ungkapan "sekali dalam bulan biru" - yang berarti sesuatu yang sangat jarang - tanggal kembali ke 1824.

[Space.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar