Minggu, 29 April 2012

Lebih 50 Negara Beli Hak Edar 'The Raid'


HOWABOUTNEWS.BLOGSPOT.COM- Kesuksesan 'The Raid' tak terbantah. Seiring derasnya apreasi dari jagat perfilman internasional, seni gambar bergerak garapan Gareth Evans ini menerima pinangan tampil di puluhan negara.

Tak hanya di Asia, film laga berdurasi 90 menit ini menjelajah semua benua. "Sudah lebih 50 negara yang membeli hak edar film ini," kata produser film 'The Raid', Ario Sagantoro, kepada VIVAnews.

Pada 23 Maret lalu, 'The Raid' tayang serentak di empat negara. Selain di Tanah Air, kisah pertarungan Iko Uwais dan Yayan Ruhian tersebut juga tayang perdana di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia.

Akhir pekan ini, jadwal penayangan perdana bergerak ke Korea, Singapura, lalu Hong Kong. "Yang menentukan bukan kami, distributor di masing-masing negara biasanya punya perhitungan sendiri kapan harus mengeluarkan suatu film yang mereka beli," ujarnya.

Toronto International Film Festival menjadi ajang tak terlupakan bagi tim produksi film ini. Tak hanya berhasil memboyong dua penghargaan bergengsi, di ajang yang berlangsung sebulan pascaproduksi rampung inilah, mereka berhasil memikat hampir semua distributor film besar dari sejumlah negara untuk membeli hak edar.

Itu jelas membuat mereka bangga setelah sebelumnya mampu meyakinkan distributor bergengsi untuk film-film Hollywood, Sony Picture Classics. "Nggak pernah membayangkan sampai sedemikian hebohnya, pastinya syok banget dan bangga," kata Ario.

Di Amerika, film dengan biaya produksi sekitar US$1 juta itu mampu menembus jajaran 20 besar box office. Bahkan, sempat bertengger di posisi ke-11 dengan penghasilan mencapai US$3,5 juta atau lebih Rp32 miliar.

[showbiz.vivanews.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar