Sabtu, 21 April 2012

8 Produk yang tak lagi digunakan generasi Facebook


How About News-Selera pasar memang berubah-ubah, terutama pada generasi Y. Generasi Y adalah mereka yang lahir pada rentang waktu 1980 hingga 1999, atau lebih populer dengan sebutan generasi Facebook. Generasi ini cenderung memilih barang yang sesuai dengan apa yang paling penting bagi mereka. Di bawah ini 24/7 Wall St memberikan daftar hal-hal yang tidak akan dibeli oleh generasi Facebook.

1. Email
Pada tahun 2010, saat Facebook meluncurkan model mengirim pesan terbaru, Mark Zuckerberg pernah memprediksikan bahwa penggunaan e-mail akan menurun. Menurutnya e-mail terlalu lambat dan terlalu formal. Saat ini, perkataan Zuckerberg sepertinya telah menjadi nyata. Pada Desember 2010 penggunaan e-mail oleh kalangan usia 12 - 17 tahun menurun hingga 59%. Sementara penggunaan e-mail pada kelompok usia 55 - 64 tahun meningkat hingga 22%. Begitu juga pada kelompok usia 65 tahun ke atas yang meningkat 28%.

2. Bir
Generasi Facebook tidak tertarik pada bir lagi. Mereka lebih memilih bir ringan. Seperti dilaporkan oleh St Louis Today, empat dari 10 orang muda yang berumur di pertengahan 20-an belum pernah meminum bir. Padahal dahulu, peminum bir adalah anak-anak muda, hanya satu dari 10 orang anak muda pada tahun 1980-an yang tidak pernah meminum bir.

3. Koran
Sementara tingkat membaca berita menurun drastis, generasi Facebook ini bahkan tidak lagi tertarik untuk membeli koran. Pada tahun 2010, berdasarkan penelitian Pew Research Center for the People & the Press, hanya sekitar 7% dari kelompok usia 18 - 24 tahun yang membaca koran, Anak-anak ini lebih sering membaca berita dan mendapatkan informasi terbaru melalui internet atau twitter.

4. Mobil
Berdasarkan Federal Highway Administration pada tahun 1998, sekitar 64% pengemudi berusia 19 tahun ke bawah telah memiliki SIM. Pada tahun 2008, angka ini merosot hingga 46,3%. Melalui penelitian perusahaan Gartner, diketahui bahwa 46% pengemudi yang berusia 18 hingga 24 tahun melaporkan bahwa mereka lebih memilih memiliki akses internet daripada memiliki mobil.

5. Telepon kabel
Telepon kabel telah kehilangan popularitasnya di antara generasi Facebook. Berdasarkan laporan National Center for Health Statistic, 51% orang Amerika yang berusia 25 - 29 tahun hanya memiliki telepon genggam di rumahnya.

6. Rokok
Tingkat merokok di kelompok anak muda menurun. Berdasarkan data Center of Disease Control on Prevention, perokok pada usia 18 - 24 tahun menurun hingga 17,6% dari tahun 2005 hingga 2010. Penurunan ini adalah yang paling besar di antara semua kelompok umur yang hanya 3,6% atau 10,5% pada manula.

7. Desktop komputer
Generasi milenium ini lebih memilih laptop daripada komputer rumah. Berdasarkan data dari Pew Research Center, 70% dari generasi facebook memiliki laptop sedangkan 57% memiliki komputer rumah. Sebaliknya, untuk kelompok usia 57 - 65 tahu, hanya 43% yang memiliki laptop.

8. Televisi
Berdasarkan laporan Nielsen, Cross Platform Report, remaja dan orang dewasa yang berusia 18 hingga 24 tahun lebih sedikit melihat televisi daripada kelompok lain. Kelompok usia itu hanya menonton di bawah 24 jam setiap minggu. Padahal rata-rata untuk semua usia menonton sekitar 32,5 jam. Penyebabnya adalah hubungan generasi Facebook dengan internet. Menurut hasil penelitian perusahaan Retrevo, 23% dari kelompok yang berusia di bawah 25 tahun menonton televisi secara online.

Itulah delapan produk yang saat ini tengah kehilangan popularitasnya pada generasi Facebook. Bagaimana dengan Anda?

merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar