Jumat, 08 Juni 2012

Ternyata China Salah Hitung Panjang Tembok China



HOWABOUTNEWS.BLOGSPOT.COM-Selama ini ternyata pemerintah Republik Rakyat China sudah salah menghitung jarak panjang tembok china.selama ini,mereka menyatakan panjang jarak salah satu keajaiban dunia itu memiliki panjang jarak 8.850 kilometer.

Dalam survei arkeologi lima tahun lebih, akhirnya Dinas Pariwisata China mengumumkan panjang resmi tembok itu 21.196,18 kilometer, seperti dilansir surat kabar the Daily Mail, Kamis (7/6). Ukuran ini dua kali lipat dari panjang sebelumnya.
Pembangunan Tembok Besar dimulai pada 500 Sebelum Masehi. Adalah Kaisar Qin Shi Huang yang menyerukan rakyatnya membangun tembok yang mampu melindungi perbatasan utara China dari serbuan asing. Tembok ini juga berfungsi menyatukan 15 provinsi di China dan pembangunannya dilanjutkan oleh para dinasti sesudah Shi Huang.

Perkiraan panjang tembok itu mengacu pada penelitian 2008, namun penelitian ini hanya mencakup struktur dibangun Kaisar Ming pada 1368 - 1644.
Tembok yang dibangun selama masa Kaisar Ming hanya 8,2 persen yang utuh. Sisanya mengenaskan. berupa beberapa pondasi dan sebagian besar telah runtuh dindingnya karena gejala alam dan pembangunan di sekitar Tembok Besar.

Sesuai laporan itu, saat ini hanya 8,2% tembok asli yang tersisa sementara sisanya berada dalam kondisi yang memprihatinkan.
Di bagian sebelah utara ibukota Beijing yang merupakan tujuan wisata, bangunan bersejarah ini sangat terawat kondisinya.
Namun di banyak bagian lain kondisinya sangat memprihatinkan. Bahkan tak jarang Tembok Besar di beberapa daerah menjadi sumber batu untuk pembangunan dan renovasi rumah,
Di Provinsi Gansu bagian Tembok Besar sepanjang 60km diperkirakan hilang dalam 20 tahun ke depan akibat erosi dan badai pasir.
Sedangkan di banyak titik, ketinggian Tembok Besar menyusut dengan cepat dari sekitar lima meter hingga tersisa hanya dua meter saja.
Selain dikenal karena ukurannya yang masif, Tembok Besar Cina juga dikenal sebagai satu-satunya bangunan buatan manusia yang bisa dilihat dari luar angkasa.
Tembok Besar masuk daftar peninggalan dunia UNESCO sejak 1987.(FA)

refrensi ringkasan:
-merdeka.com
-www.bbc.co.uk/indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar