Kamis, 07 Juni 2012

Mitos Tentang Delapan Gelas Air



HOWABOUTNEWS.BLOGSPOT.COM-Anda terbeban dan merasa tidak sehat karena tidak minum delapan gelas air putih setiap hari? Tenang. Seorang pakar kesehatan Melbourne, Australia, menyodorkan hasil penelitian yang bisa melegakan Anda.



Spero Tsindos, dosen La Trobe University, Victoria, menegaskan minum delapan gelas air putih setiap hari untuk menurunkan berat badan dan tetap sehat adalah mitos.

“Saya tidak mengatakan Anda tidak perlu minum air putih. Yang saya katakan adalah kebutuhan untuk minum air putih dua liter secara teratur adalah mitos semata,” Tsindos menulis dalam jurnal kesehatan Australia dan Selandia Baru, Journal of Public Health, yang terbit Rabu (6/6), menurut AAP.

Peneliti Australia ini merekomendasikan asupan cairan setiap hari untuk perempuan cukup sekitar 2,8 liter dan 3,4 liter untuk pria. Ini sudah termasuk cairan yang didapatkan dari makanan dan minuman.

Sebenarnya, kita membutuhkan cukup cairan untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi dari makanan dan minuman yang kita asup. Artinya, orang bisa mendapatkan cairan dari santapan harian yang mereka dapatkan, seperti dari buah, sayuran, jus, dan bahkan teh serta kopi.

"Kita harus memberitahukan orang-orang bahwa minuman seperti teh dan kopi berkontribusi terhadap kebutuhan cairan seseorang. Meski mengandung kadar kafein, minuman itu tidak menyebabkan dehidrasi," kata Tsindos.

Minum air putih dalam jumlah besar sekali duduk demi mencapai tingkat asupan harian tak ada gunanya. Sebab, air yang banyak itu tidak akan disebarkan ke tempat yang dibutuhkan. “Itu hanya akan mencairkan urine,” kata dia.

Minum air dalam jumlah besar untuk menurunkan berat badan, dia melanjutkan, tidak akan berhasil tanpa diet rendah kalori.

"Ada bukti lebih lanjut bahwa air dan diet seimbang tidak cuma dari air putih saja," tulis Tsindos.

"Air penting untuk kesehatan. Tetapi, rekomendasi delapan gelas air murni setiap hari adalah sebuah persyaratan yang ketinggian," dia mengingatkan.

Jargon "delapan gelas sehari" mungkin berasal dari pedoman yang diterbitkan di Amerika Serikat pada 1945, Tsindos menulis.

Bukan ide buruk juga untuk mengkonsumsi 64 ons cairan sehari. Tetapi, minum delapan gelas air putih saban hari juga bukan ide yang terbukti baik secara ilmiah. Ini bisa jadi berdasarkan rekomendasi dari Badan Pangan dan Gizi dari Dewan Riset Nasional pada 1940 bahwa orang dewasa harus menelan sekitar 2,5 liter air sehari.

"Tapi, pernyataan bagian kedua yang sering diabaikan menunjukkan bahwa sebagian besar air yang Anda butuhkan ada dalam makanan yang Anda makan," kata Dr. Aaron Carroll, profesor pediatrik dan Direktur Asosiasi Penelitian Pelayanan Kesehatan Anak di Indiana University School, mengutipTODAY.com.
"Namun laporan itu tidak didasarkan pada bukti kuat--itu hanya opini," ujar Carroll.
Mendengarkan Tubuh
Beberapa tahun sebelumnya, Dr Frederick Stare, ahli gizi terkemuka AS telah mengutarakan pendapat tentang minum delapan gelas air sehari. Menurut dia, minuman tersebut termasuk dalam bentuk kopi, teh, susu, minuman ringan, atau bahkan bir. Lebih jauh, menurut Stare, buah-buahan dan sayuran adalah sumber air yang baik.

Tapi, minum banyak air juga dapat membantu menurunkan berat badan, kan?

Tsindos mengiyakan. Minum banyak air putih terbukti menekan nafsu makan.

“Tetapi mengkonsumsi makanan dengan kadar air tinggi, seperti semangka, selada, atau anggur—juga menurunkan berat badan dan menghindari keinginan untuk makan lebih dan lebih banyak lagi,” tulis Tsindos yang juga peneliti Departemen Diet dan Nutrisi Manusia di La Trobe University.

Minum banyak air putih juga diketahui dapat membantu pasien batu ginjal dan infeksi saluran kemih (UTI). Tapi, penelitian menunjukkan itu hanya berlaku bagi mereka yang rentan dan mencegah agar kondisi itu tidak terjadi lagi.

Dr. Rachel Vreeman menambahkan, minum air dalam botol dan budaya kesehatan untuk minum air lebih banyak juga bermanfaat.

"Tentu saja, tubuh Anda membutuhkan cairan dan air adalah pilihan yang sehat untuk memenuhi kebutuhan cairan.”

Persoalannya, “Banyak dari kita menghabiskan banyak uang, tenaga, dan rasa bersalah pada diri sendiri karena memaksa untuk minum lebih banyak air daripada yang kita butuhkan,” assistant profesor pediatrik Indiana University School of Medicine, melanjutkan.

Jadi, berapa banyak air yang perlu kita minum?

“Dengarkan tubuh Anda, minumlah ketika tubuh memberitahukan itu dan tidak perlu minum lebih dari itu. (Gagasan bahwa 'ketika haus Anda sudah mengalami dehidrasi' adalah mitos lain),” ujar Vreeman.

[http://choliknf1998.blogspot.com/2012/06/mitos-tentang-delapan-gelas-air.html#ixzz1x5wj1UKw]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar