Senin, 23 April 2012

Nikmati Akun Anonim dengan Akal Sehat


How About News-Jakarta - Mengikuti akun dengan nama samaran--namun orang kerap menyebutnya sebagai akun anonim--memang menarik. Pasalnya, akun-akun seperti ini hobi merilis informasi yang tidak ditemukan di media-media resmi. Tapi kita disarankan melihatnya dengan akal sehat.

Menurut pengamat social media Nukman Luthfie, publik harus hati-hati melihat akun semacam ini. Karena tetap manusia yang mengelola di belakangnya. Manusia kan bisa saja terselip salah. Kalau informasi salah terlanjur ditweet itu jadi fitnah.

"Makanya kalau kita memfollow itu modalnya harus akal sehat," tukas Nukman, dalam perbincangannya dengan detikINET.

Akal sehat diperlukan mengingat apa yang disampaikan umumnya sesuatu yang bersifat provokatif dan kontroversial, namun kebenarannya belum bisa dipastikan. Bisa saja benar, atau sebaliknya.

Pemilik akun ini disebutkan Nukman cenderung berani karena identitasnya tidak diketahui. Namun, menurutnya pemerintah tak perlu sampai memblokir, kecuali jika sudah melanggar hukum.

"Lagipula, penyuka akun seperti ini tidak banyak karena kencederungan orang adalah lebih menyukai konten yang ringan," pungkasnya.

inet.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar