Jumat, 02 Maret 2012

Cara Membasmi Hama Ulat Bulu

Wah…, Indonesia yang sedang ramai oleh gonjang ganjing politik, berita penyanderaan ABK dari Indonesia di kapal Sinar Kudus, hingga berita terhangat mengenai penangkapan nelayan Malaysia di perairan ZEE milik Indonesia, pun tidak luput dari berita heboh mengenai serangan hama Ulat Bulu di beberapa daerah di Jawa.

 Sungguh ironis memang, apalagi pemerintah belum turun tangan secara punuh menangani masalah ini. Tetapi, setidaknya kita tidak harus menunggu Pemerintah untuk turun tangan, karena ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menanggulangi masalah hama ulat bulu ini. Berikut ini tipsnya :
1.Jangan gunakan pestisida. Penggunaan pestisida memang adalah langkah yang cepat, tetapi bukan hal yang tepat. Karena pestisida secara jangka menengah maupun panjang juga akan membahayakan manusia dan juga organisme lainnya;
2.Gunakan pemangsa Alamiah ulat bulu. Pemangsa ulat bulu cukup banyak di Indonesia, utamanya dari jenis burung seperti Burung Prenjak, Burung Jalak, dan Cinenen serta burung-burung pemakan serangga lainnya;
3.Pelajari siklus hidup ulat bulu tersebut serta pola penyebarannya. Siklus hidup disini termasuk juga inangnya karena bisa jadi perkembangan serangga ini karena didukung oleh organisme lainnya. Mempelajari pola perkembangannya menjadi penting juga agar bisa melakukan pencegahan untuk daerah yang belum diserang hama ini.
Tiga cara di atas tetap bisa dilakukan bersamaan, tetapi menurut saya langkah amannya adalah cara kedua dan ketiga. Hilangnya predator bisa terjadi karena penggunaan pestisida apalagi dengan cara yang berlebihan justru akan mematikan predator serta memutuskan rantai makanan sehingga pertumbuhan populasi ulat bulu ini menjadi tidak terkontrol. Nah, mungkin anda punya ide lain mengenai hal ini ? silahkan saja di komentari ya….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar