Sabtu, 14 April 2012

Ini Dia Penyebab Alergi




How About News -Ketika seseorang mengalami efek abnormal terhadap suatu zat sedangkan orang lain tidak, bisa jadi dia mengalami alergi tertentu. Kenalilah beberapa penyebab alergi yang sering terjadi.

Beberapa orang menjadi sakit jika mereka bersentuhan dengan zat yang mungkin tidak menimbulkan efek bagi orang lain. Penyakit itu timbul karena alergi, respons abnormal sistem kekebalan terhadap benda asing.

Seseorang dikatakan memiliki alergi jika sistem kekebalan tubuhnya bereaksi abnormal terhadap zat yang tidak menimbulkan efek bagi kebanyakan orang. Orang itu dikatakan memiliki alergi terhadap zat tersebut dan mengalami reaksi alergi.

Reaksi alergi memiliki berbagai bentuk, seperti bersin, hidung gatal atau berair, gangguan napas, wajah bengkak atau angiodema, dan paling serius anafilaksis. Zat yang menimbulkan reaksi alergi disebut alergen. Contoh alergen yang paling sering menyerang paru-paru adalah serbuk sari dari rumput dan pohon, tungau debu rumah, dan bulu rambut hewan.

Beberapa alergi dapat menimbulkan gangguan sepanjang tahun, sedangkan alergi jenis lain hanya menyerang kita pada waktu tertentu. Lantas apakah penyebab alergi yang paling sering terjadi dan siap menyerang sepanjang tahun?

"Penyebab alergi sepanjang tahun yang paling sering dijumpai adalah tungau debu rumah. Tungau kecil ini ditemukan di setiap rumah, memakan sisik kulit manusia, yang terkelupas secara alami. Tungau debu rumah sering dijumpai di tempat tidur, seperti bantal dan tempat tidur," tutur Dr Mirriam Stoppard dalam bukunya "Panduan Kesehatan Keluarga".

Selain tungau, yang harus diwaspadai sebagai penyebab alergi sepanjang tahun adalah kulit dan bulu rambut kucing serta anjing, kuda, atau hewan lain.

"Mandikan dan bersihkan hewan-hewan peliharaan Anda sepekan sekali demi kesehatan Anda," imbuh Stoppard. Beberapa orang juga menderita alergi akibat zat di tempat kerja, misalnya debu jenis tertentu.

source by

Tidak ada komentar:

Posting Komentar